Jasa service Elektronik,Home Appliace

belajar bersama

tv tidak ada suara ( Rangkaian Audio )

    No comments:

Rangkaian Audio

Suara yang kita dengar adalah hasil kerja dari rangkaian ini, sinyal pembawa IF suara akan dideteksi oleh modulator frekuensi (FM). Sebelumnya, sinyal ini dipisahkan dari sinyal pembawa gambar.

Suara yang kita dengar adalah hasil kerja dari rangkaian ini, sinyal pembawa IF suara akan dideteksi oleh modulator frekuensi (FM). Sebelumnya, sinyal ini dipisahkan dari sinyal pembawa gambar

rangkaian audio yang fungsinya sebagai output suara yang dihasilkan oleh tv tersebut. Jika televisi tersebut tidak mengeluarkan suara rasanya berarti ada kerusakan pada rangkaian audio tv yang diakibatkan oleh rusaknya sebuah komponennya.
Selain itu ada juga televisi yang tidak mengeluarkan suara yang diakibatkan oleh kesalahan pada setingan frekuensi suara yaitu besarnya 5,5 Mhz.

Untuk lebih jelasnya, kita ikuti cara perbaikannya dibawah ini.
Berikut adalah cara untuk memperbaiki tv yang tidak ada suaranya :

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan melihat setingan suara pada layar tv, sebesar 5,5 Mhz.
Langkah selanjutnya yaitu dengan mengecek loudspeaker, ceklah dengan menggunakan Multimeter yatu pada posisi Ohmmeter, hubungkan kabel proof multimeter dengan kaki speaker, apabila bunyinya ' krek-krek' berarti loudspeakernya masih dalam keadaan baik, Jika tidak berbunyi berarti loudspeakernya rusak dan harus diganti.
Selanjutnya yaitu dengan mengukur tegangan yang masuk pada IC audio, tegangannya antara 14 - 20 Vdc, Jika tegangan kurang dari nilai tersebut berarti ada komponen yang rusak , komponen yang sering rusak tersebut yaitu Dioda yang menuju tegangan tersebut dan Elco ( 470 uF/25 V atau 470 uF/50 V).
Jika komponen tersebut tidak ada yang rusak, bisa dipastikan kerusakan tersebut dikarenakan oleh Ic Audio yang sudah rusak ( Tipe IC Audio yang sering digunakan : AN 5265, TDA 2003, TDA 2006, TDA 7075 dan LA 4285).

untuk mengetahui rangkean tersebut bisa anda baca :


analisa tv mati total
Tengangan pada tv
rangkaian vidio
rankaian Horizontal
Rangkaian Vertikal
rangkaian audio
tuner tv
rangkaian power suplay
tentang tv



belajar bersama

About belajar bersama -

jasa Service Elektronik Terpercaya ,mudah,aman dan bergaransi serta harga yang terjangkau

Subscribe to this Blog via Email :