Jasa service Elektronik,Home Appliace

belajar bersama

Alat alat service

    1 comment:

setelah mengenal komponen elektronika saya akan perkenalkan perlengkapan service elektronika:umum dan handphone

Alat alat service umum

1.Solder

Adalah pelumer (pemanas timah). Ini adalah alat utama dalam pekerjaan elektronika. Solder merupakan alat yang utama untuk membantu dalam merakit / membongkar rangkaian elektronika pada rangkaian yang terdapat pada papan pcb. solder merupakan alat elektronika yang mengubah energi listrik menjadi energi panas. Solder banyak jenis dan beragam bentuknya, pada umumnya berbentuk lurus, dan seperti pestol dengan mata solder di ujung yang berbentuk lancip, dan dilengkapi tombol pengatur suhu ukuran tinggi rendahnya panas yang dihasilkan untuk membuat kawat timah mencair agar dapat melepaskan atau menyatukan kaki-kaki komponen pada papan Pcb. Suhu panasnya yang terlalu berlebihan dapat merusak komponen atau menyebabkan komponen lain ikut terlepas.

2.timah

untuk menyambungkan komponen kekomponen lainya dengan cara menempelkan solder dan timah dapat merekat,timah ini banyak ukuran dan kwalitasnya tergantung kebutuhan kita ..



3.multitester


mungkin Anda pernah melihat alat ini tetapi belum tahu fungsinya!
Fungsi Multimeter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tegangan, arus listrik, dan ketahanan (resistensi). Ini adalah pemahaman umum dari multimeter, sedangkan multimeter pembangunan masih dapat digunakan untuk beberapa fungsi seperti suhu pengukuran, induktansi, frekuensi, dan sebagainya. Ada juga orang yang disebut AVO meter yang multimeter dengan judul, mungkin A (ampere), V (volt), dan O (ohm).
Analog multimeter lebih banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti orang layanan TV atau komputer sebagian besar menggunakan tipe analog ini. Mereka keuntungan yang membaca mudah dengan tampilan yang lebih sederhana. Sementara kerugian yang akurasi rendah, sehingga untuk pengukuran yang membutuhkan akurasi tinggi harus menggunakan multimeter digital.

untuk lebih jauh mengenal atau cara penggunaanya silakan anda baca disini




4.penyedot timah


Adalah alat untuk menarik timah yang menempel di papan PCB yang terlebih dahulu dicairkan dengan solder. Cara kerjanya seperti pompa tapi kebalikannya yaitu menarik.


5.obeng

alat untuk membuka sekrup. banyak jenis obeng biasanya yang sering di gunakan Obeng + , obeng -, kalau obeng untuk membuka handphone biasanya menggunakan obeng t5 atau t6



6.Tang potong


tang potong (untuk memotong kaki komponen / kabel)





7.tang cucut


(untuk memegang / mengambil . menjepit komponen).




8.tang amper

tang ini untuk mengukur arus kompresor biasanya digunakan untuk service AC,Kulkas,dll juga bisa menggukur tegangan listrik

Alat alat service handphone



9.Power Supply (DC)

ada dua jenis Power Supply handphone sebelah kiri anda Power Supply analog dan sebelah kanan Power Supply digital hampir sama penggunaanya perbedaanya adalah kalau analong menggunakan jarum untuk membacanya dan yang digital langsung nampak dilayar untuk membacanya,tergantung selera dan kebutuhan anda,teknisi handphone, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pendeteksi kerusakan ponsel, salah satunya dengan menggunakan sebuah alat yang disebut DC Power Supply. DC Power supply ini sangat bermanfaat untuk mengetahui tegangan yang dihasilkan oleh ponsel guna mendeteksi secara umum kerusakan yang dialami dan bisa juga menggantikan fungsi baterai dan mencharge baterai. Perlu diingat bahwa masing - masing merk handphone berbeda - beda Ampher yang dihasilkan, jadi harus sering menggunakan dan mencatat hasil Amper yang diberikan.

Cara Penggunaan DC Power Supply :

Hidupkan DC Power Supply dengan menekan saklar power (on)
Posisikan jarum pada voltage (V) pada 3,6 - 4 V (disesuaikan dengan voltage Battry).
Kabel merah = Positif ( + )
Kabel hitam = Negatif ( - )
kabel hijau/biru = Btemp ( baterai temperatur )
Kabel kuning = BSI ( baterai system informasi )
untuk handphone china,samsung,dan soni ericsson cukup Kabel merah = Positif ( + )
Kabel hitam = Negatif ( - )
Letakkan kabel merah pada konektor positif baterai pada ponsel
Letakkan kabel hitam pada konektor negatif baterai pada ponsel
lalu tekan switch on pada ponsel
Perhatikan jarum pada Amper, berapakah yang dihasilkan ( melalui kolom amper inilah nanti kita dapat menganalisa kerusakan yang terjadi, apakah kerusakannya )
untuk mengetahui kerusakan hadwere atau softwere nanti saya bahas dalam pembahasan berikutnya

10.blower

alat ini sangat membantu dalam perbaikan ( pengantian ) spertpart handphone memasang / melepas / mencetak sebuah ic dalam handphone alat ini mempunyai temperatur angin dan panas dan ada yang otomatik dan manual,biasanya pengatur angin sebelah kiri dan panas sebelah kanan hati hati dalam menggunakan alat ini .. wah knapa yah,, !! jangan terlalu panas atau berlebihan karena bisa menyebabkan fatal dalam perbaikan handphone bisa merusak komponen/papan pcb handphone.

11.lampu service

lampu service selain untuk benerangkan ruangan bisa juga melihat komponen yang kecil2 karena lampu ini di lengkapi dengan kaca pembesar berada di atas lampu,dan bisa di tekuk sesuai keinginan kita.



12.pinset

untuk menjepit / memasang / menaruh komponen handphone yang kecil.ada beberapa jenis pinset ada yang lurus seperti ganbar di samping ada yang bengkong,dan besar kecilnya,tergantung kebutuhan kita dan enak kita gunakan.


13.penjepit


untuk menjepit papan handphone supaya papan handphone tidak
goyang goyang










14.plat BGA

untuk mencetak kaki ic, plat bga aneka ragam tergantung icnya yang kita akan cetak,ada juga yang universal semua ic bisa pakai,tapi angak sulit untuk mencetaknya harus dengan kesanaran dan ketelitian,cara mencetak ic bga
cocokan ic dengan plat bga,lalu suapkan timah cair oleskan dengan rata lalu blower berlahan dengan suhu dan angin rendah

15.timah cair (pasta)



digunakan untuk mencetak ic bga




16.box flasher








box flasher digunakan untuk perbaikan software ( pendeteksi ) alat ini mengunakan komputer dan kabel flasher aneka rangam macam macam box yang digunakan contoh box flasher spiderman box,bok ini berdominas mengeksekusi handphone china,ada lagi yang bernama seetool box ini buat handphone soni ericsoon,dan masih banyak lai menki ada beberapa software tidang menggunakan box,ada juga software handphone menggunakan kabel bawaan seperi blackberry,ada juga di sebut kabel plolific biasanya di gunankan software bawaan pabrik ,dengan nama flashtool untuk lebih mengenal box flasher dan cara penggunaanya saya akan bahas nanti

Artikel terkait

multimeter
switch/saklar
reley
induktor
filter
crystal
transformator/trafo
ic(integrated circuit)
transistor
dioda
capacitor
m
perkenalan & sejarah elektronik

belajar bersama

About belajar bersama -

jasa Service Elektronik Terpercaya ,mudah,aman dan bergaransi serta harga yang terjangkau

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
June 14, 2012 at 10:44 AM delete

gan, lampu srvice nya itu harga nya berapa yah ? terus pembesaran nya brapa kali ? thanks

Reply
avatar