Jasa service Elektronik,Home Appliace

belajar bersama

Power Supply Televisi

    5 comments:

Power supply atau catu daya, banyak dikenal dengan nama adaptor. Komponen pokoknya terdiri dari : Transformator/trafo, fungsi trafo adalah mengubah tegangan dari sumber listrik (AC) menjadi DC yang selanjutnya didistribusikan ke seluruh rangkaian. Rangkaian catu daya dibatasi oleh garis putih pada PCB dan daerah di dalam kotak merah. Daerah di dalam garis putih adalah rangkaian input yang merupakan daerah tegangan tinggi (live area). Sementara itu, daerah di dalam kotak merah adalah output catu daya yang selanjutnya mendistribusikan tegangan DC ke seluruh rangkaian TV.bila rangkayan tv ini ada yang rusa bisa menyebabka tv anda mati total,bangaimana cara pengecekanya ? next
Demi keamanan jika anda memperbaiki power supply,biasakan transistor panel horizontal dilepas dahulu,diatas sudah dijelaskan.Hal ini penting untuk menghindari kelalaian anda,karena kalau power supply sudah hidup,dan osilator sampai output horizontal juga hidup maka flyback akan menyemprotkan tegangan tinggi 20-25KV.
Cabut/sedot dahulu solderan B+ pada kaki flyback yang ada hubungannya dengan elko B+ 160V agar tidak terbeban oleh flyback dalam memperbaiki power supply.Apabila tidak dilepas solderannya juga tidak apa-apa,flyback tidak akan menyemprotkan tegangan selama transistor panel horizontal belum terpasang.Namun hal tersebut penting juga,karena apa? Untuk mengetahui kaki B+ flyback tsb konslet atau tidak.Jika konslet,maka tegangan B+ dari power supply akan mati setelah dihubungkan dengan kaki B+ flyback.Maka secara langsung anda mengetahui bahwa flyback sudah konslet.Pada gambar dibawah ini contoh pin B+ yg perlu dilepas.

  1. Apabila tegangan B+ belum keluar,maka langkah selanjutnya mengukur komponen aktiv dahulu,seperti transistor{Tr},semua diukur satu persatu,jika menemukan ada yang rusak maka gantilah yang baru.
  2. Langkah selanjutnya,jika B+ power supply belum keluar juga tetapi Transistor semua normal,maka cek dioda Zener 110V.Dioda Zener tersebut bentuknya besar,seperti dioda 3A.Nah..,biasanya zener ini putus,karena dioda ini adalah zener pembatas B+ 110 VDC.
  3. Kemudian misalnya B+ belum keluar juga,padahal komponen aktiv seperti Transistor,dioda semua sudah dicek normal.Maka cek Resistor{R},biasanya R yang menuju Basis Transistor Panel power supply dari elko 400V putus,nilainya sekitar 100k-150k ada 2 buah,ganti kedua Resistornya.Inilah R yang saya maksud,nilainya 120K ada 2 biji.
  4. Pada Power supply televisi untuk panelnya/transistor output tidak semua memakai Transistor,ada yang memakai STR atau SMR.STR adalah IC {Integrated Circuit} tapi didalamnya juga transistor 2 buah dan ada Resistor.Jika STR ini rusak maka R disekitar biasanya rusak,putus atau mulur,kalau kita mengganti STR,maka sekalian R_nya diganti agar kerja STR sempurna.Nah,jika ada televisi dihidupkan tapi listrik langsung mati atau jeglek maka power supply pasti rusak,yaitu bagian primernya.Ada 4 faktor penyebab diantaranya panel regulator rusak/konslet (Transistor,STR),dioda bridg_nya konslet,bisa juga kapasitor milar 250V konslet atau Elko 400V konslet.Seperti gambar dibawah ini adalah regulator bagian primer
  5. Jika tegangan sekunder sudah ada,lalu anda ukur dan atur trimpot B+,tegangan rata-rata 110-115 Vdc.Dan ukurlah tegangan keluaran B+ yang lain sesuai standard.
  6. Syarat agar mesin televisi bisa hidup harus ada tegangan pwr supply,osilator horizontal,driver horiz,output horiz,B+vertikal dan output vertical,lalu tegangan heater,tegangan screen(G2),teg video output dan tegangan RGB.Diantara bagian-bagian tersebut peran paling penting adalah bagian power supply dan Horizontal,kedua bagian ini adalah ibarat orang jantungnya,harus hidup duluan,nanti baru yang lainnya.
  7. Berapa saja tegangan diantara bagian-bagian tsb,berikut ini penjelasannya


untuk mengetahui rangkean tersebut bisa anda baca :


analisa tv mati total
Tengangan pada tv
rangkaian vidio
rankaian Horizontal
Rangkaian Vertikal
rangkaian audio
tuner tv
rangkaian power suplay
tentang tv



belajar bersama

About belajar bersama -

jasa Service Elektronik Terpercaya ,mudah,aman dan bergaransi serta harga yang terjangkau

Subscribe to this Blog via Email :

5 komentar

Write komentar
stefano
AUTHOR
November 8, 2014 at 11:17 AM delete

Ini sangt brmnfaat skli bgi sy. Mksih bnyak om..

Reply
avatar
Mr.Prastiyo
AUTHOR
January 1, 2015 at 10:23 AM delete

Ya Allohhh beri hambamu sabarrr..........

Reply
avatar
Arnas
AUTHOR
April 21, 2016 at 12:47 AM delete

Sdkit ralat fungsi trafo u/ menaik atau menurunkan tegangan dan dioda untuk mengubah AC ke DC. Maaf klu slh ya boss

Reply
avatar
black
AUTHOR
May 15, 2016 at 7:43 PM delete

salam kenal saya dari karawang perasaan saya pernah baca artikel ini kalau boleh tahu yang lain dong penjelasannya elnatasya saja komplenya begitu apa lagi saya saya cuma satu kalau standar tegangan pada elko untuk ukuran tv 14/21 inc berapa aja sih trimakasih

Reply
avatar